Teknik Dasar Lempar Lembing

Teknik Dasar Lempar Lembing ~ Setelah volimaniak membahas beberapa kategori cabang olahraga atletik yang meliputi beberapa bagian diantaranya, lompt jauh, lompat tinggi, jalan cepat dan masih banyak yang lainnya, Pada kesempatan kali ini volimaniak ingin berbagi pengetahuan anda dalam olahraga atletik yang khususnya cabang lempar yaitu teknik dasar lempar lembing.

Sebelum anda mengetahui lebih lanjut mengenai teknik dasar pada atletik cabang lempar lembing anda harus tahu apa itu lempar lembing?, Berikut mengenai pengertian lempar lembing ;

Pengertian lempar lembing


http://www.volimaniak.com/Lempar lembing terdiri dari dua kata yaitu lempar dan lembing. Lempar yang berarti usaha untuk membuang jauh-jauh, dan lembing adalah tongkat yang berujung runcing yang dibuang jauh-jauh (Munasifah, 2008:4). Lempar lembing adalah salah satu nomor yang terdapat dalam cabang olahraga atletik yang menggunakan alat bulat panjang yang berbentuk tombak dengan cara melempar sejauh-jauhnya (PASI, 1988:43).

Selanjutnya Jerver (1996:142) Menjelaskan bahwa “Lempar lembing adalah suatu gerakan antara sentuhan tangan dengan menggunakan benda yang berbentuk panjang berusaha untuk melempar sejauh mungkin”. Untuk memperoleh jauhnya lemparan diperlukan kekuatan dan kecepatan gerak serta sudut pada saat lembing meninggalkan tangan.

Teknik Dasar Lempar Lembing


Untuk bisa melakukan lemparan yang benar serta jauh perlu anda ketahui dan penguasaan teknik dasar lempar lembing dengan baik. adapun pembagian teknik dasar lempar lembing adalah sebagai berikut ;

a. Memegang Lembing


Dalam memulai lemparan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah dengan memegang lembing dengan benar, adapun cara memegang lembing ada tiga  yaitu cara Amerika dan cara Finlandia.Lihat gambar berikut untuk lebih jelas, dan rincian penjelasan dari teknik memegang lempar lembing bisa anda lihat juga dibawah ini ;
http://www.volimaniak.com/

A. Cara Amerika

Cara melakukannya :
Pegang lembing di bagian belakang lilitan lembing dengan jari telunjuk melingkar di belakang lilitan dan ibu jari menekannya di bagian permukaan yang lain. Sementara itu, jari-jari lain turut melingkar di badan lembing dengan longgar.

B. Cara Finlandia 

Cara melakukannya :
Pegang lembing pada bagian belakang lilitan dengan jari tengah dan ibu jari, sementara telunjuk berada sepanjang batang lembing dan agak serong ke arah yang wajar. Jari-jari lainnya turut melingkar di badan lembing dengan longgar. 

C. Cara Menjepit 

Cara melakukannya :
caranya hanya menjepitkan lembing diantara dua jari tengah dan jari telunjuk, sedangkan jari jari lainnya memmegang biasa.

b. Membawa Lembing

Ada tiga cara membawa lembing yang biasa digunakan pelempar saat melakukan awalan, untuk lebih jelasnya serta gambar cara membawa lembing yang benar bisa anda lihat dalam gambar berikut, serta penjelasannya :
http://www.volimaniak.com/
  1. Lembing dibawa di atas bahu dengan mata lembing menghadap serong ke atas.
  2. Lembing dibawa di belakang badan sepanjang alur lengan dengan mata lembing menghadap ke arah depan serong ke atas.
  3. Lembing dibawa di atas bahu dengan mata lembing menghadap serong ke arah bawah.

c. Melempar Lembing

Untuk bisa melempar lembing dengan benar ada beberapa langkah teknik dasar yang perlu anda kuasai, adapaun cara melakukan lemparan lembing dibagi  beberapa tahap yaitu awalan, lemparan, dan akhiran.

1) Awalan

Awalan berlari sambil membawa lembing di atas kepala dengan lengan ditekuk, sikut menghadap ke depan dan telapak tangan menghadap atas. Posisi lembing berada sejajar di atas garis paralel dengan tanah. Bagian terakhir awalan terdiri atas langkah silang (cross step). Pada bagian akhir dapat dilakukan langkah dengan beberapa cara berikut.
  1. Dengan jingkat (hop step)
  2. Dengan langkah silang di depan (cross step)
  3. Dengan langkah silang di belakang (rear cross step)
  4. Proses peralihan (cross step) dilakukan saat kaki diturunkan. Kedua bahu diputar perlahan ke arah kanan (bukan kidal), lengan kanan mulai bergerak dan diluruskan ke arah belakang dengan tubuh bagian atas condong ke belakang. Pandangan selalu melihat lurus ke depan

2) Lemparan

Pada gerak melemparkan lembing, tarik bahu kanan dan lengan melakukan gerakan melempar melalui poros bahu dengan kuat ke depan-atas. Badan bergerak melewati kaki depan, lalu melepaskan lembing.

3) Akhiran 

Gerak akhir lemparan dilakukan dengan melangkahkan kaki ke depan untuk menyeimbangkan gerak agar tidak terjatuh dan tidak melebihi garis batas lemparan.

Baca juga : Peraturan Lempar lembing

Itulah sedikit pengetahuan mengenai cabang olahraga atletik yaitu teknik dasar lempar lembing, semoga dengan materi yang saya jelaskan diatas dapat menjadi inspirasi serta menambah pengetahuan anda dalam bidang olahraga atletik khususnya cabang lempar lembing, Untuk mengetahui ukuran lapangan lempar lembing. semoga bermanfaat. terimakasih
Powered by Blogger.