Cara Mengukur Tinggi Badan Dan Berat Badan Ideal

Cara Mengukur Tinggi Badan Dan Berat Badan Ideal ~ Postur tubuh atau dikenal dengan fisik dan berat badan seseorang kadang dipandang sebagai hal yang penting, kegemukan juga tidak baik, ketinggian juga kurang baik, nah seberapa idealkah tinggi badan dan berat badan anda. pada postingan kali ini volimaniak akan berbagi kepada anda mengenai bagaimana cara mengukur tinggi badan dan berat badan ideal. 

Berikut caranya mengukur tinggi badan dan berat badan ideal ;

http://volimaniak.blogspot.com/


A. Mengukur Tinggi Badan

http://volimaniak.blogspot.com/Tulang rangka manusia merupakan bangunan tubuh yang memberi bentuk dan sebagai penyangga tubuh. Tulang tumbuh karena adanya lapisan pertumbuhan karena adanya lapisan pertumbuhan tulang ( Epifise dan Diafise ) pada bentuk tulang panjang. Tingkat kematangan / pertumbuhan tulang ditandai dengan bersatunya Epifise dan Diafise dimana Epifise distalis bersatu pada usia 17-19 tahun, sedangkan Epifise lateralis bersatu pada usia 19-20 tahun.

Alat : Pengukur Tinggi Badan


Cara Mengukur tinggi badan :
  1. Lepas sepatu atau alas kaki.
  2. Berdiri tegak, pandangan lurus kedepan, telapak kaki menapak pada alas
  3. Ukur tinggi badan mulai dari tumit sampai puncak tengkorak dengan tongkat pengukur.
  4. Catat Hasil Yang ditunjukan tongkat pengukur dalam satuan ( cm ).
B. Mengukur Berat Badan

Ada beberapa cara mengukur berat badan seseorang. Salah satu yang paling sederhana adalah dengan menimbang berat badan dengan menggunakan alat timbangan berat badanyang dinyatakan dalam satuan kilogram ( kg ).

Berat badan sebenarnya ditentukan oleh jumlah cairan, kadar lemak, protein, dan mineral yang ada pada tubuh manusia ( -+ 60% ). Berat badan tubuh juga ini juga dipengaruhi oleh usia dan kegitan fisik serta temperatur tubuh.

Alat : Timbangan Badan

Langkah Pengukuran :
  1. Lepas alas kaki, jam tangan dan pakean luar.
  2. Sesuaikan jarum penunjung timbangan hingga sejajar angka nol kg.
  3. Naik keatas timbangan dan berdiri ditengah-tengah.
  4. Catat hasil angka yang ditunjukan jarum penunjuk dalam satuan kg.
RUMUS BERAT BADAN IDEAL


( TB – 100 ) – 10% ( TB – 100 )

Contoh :

Berat Tubuh Ideal
Tinggi Badan Bangkit : 165 cm
Berat Badan Bangkit : 49 kg
R = ( TB – 100 ) – 10 % ( TB – 100 )
( TB -100 ) – 10 % ( TB – 100 )
= ( 165 – 100 ) – 10 % ( 165 – 100 )
= ( 65 ) -10 % ( 65 )
= 65 – 6,5
= 58,5 kg

Kesimpulan :

Bahwa berat badan Bangkit TIDAK IDEAL, karena berat badan Bangkit sekarang adalah 49 kg. Seharusnya Berat Badan Bangkit dinyatakan ideal adalah 58,5 kg.

catatan : Dinyatakan Berat Ideal, Apabila Berat Badan Minimal Kuran 1 kg dari berat yang sudah dihitung atau Maximal Lebih 1 kg dari berat yang sudah dihitung. Dari Contoh diatas Apabila Berat Bangkit dinyatakan IDEAL, Bangkit harus menambah Beratnya hingga 57,5 – 59,5 kg

Cukup sekian dulu ya postingan dari volimaniak mengenai bagaimana mengukur tinggi badan dan berat badan ideal. selalu update informasi dan postingan dari volimaniak dengan mengikuti lewat email. terimakasih semoga bermanfaat.
Powered by Blogger.